Wakil Bupati Banyumas Potong Pita di Tembak Sela

Dilihat : 530 Kali, Updated: Rabu, 02 Juni 2021
Wakil Bupati Banyumas Potong Pita di Tembak Sela

Gumelar- Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono meresmikan wisata desa hutan adat Tembak Sela di Desa Samudra Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas, Sabtu 29/5.


Hadir dalam acara tersebut, Camat Gumelar Arif Triyanto beserta Kapolsek Gumelar AKP. Hidayat yang didampingi oleh Kepala Desa Samudra Kristiono.

 

 

 

Acara bertajuk 'Temu wisata desa wisata se- Kabupaten Banyumas' ini dihadiri oleh para pegiat wisata dan Pokdarwis dalam wilayah Kabupaten Banyumas.

Tembak Sela digadang menjadi lokasi wisata budaya dan religi yang diinisiasi oleh pemerintah desa Samudra dan dikelola oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Samudra.

Di hutan adat Tembak Sela, ada dua makam yang konon merupakan makam dari para prajurit kerajaan Majapahit dan Pajajaran.

Wakil Bupati Banyumas mengapresiasi adanya situs hutan adat Tembak Sela, dan berharap akan berkembang menjadi wisata populer.

Dia mengatakan ada banyak situs bersejarah di wilayah Kecamatan Gumelar, namun perlu diteliti kebenaran sejarahnya.

Lebih lanjut, Sadewo meminta kepada camat Gumelar agar berkoordinasi dengan Pemda untuk terhubung dengan arkeolog supaya semua situs sejarah yang ada di wilayah Kecamatan Gumelar diketahui asal-usulnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sadewo beserta rombongan masuk ke hutan adat tempat beradanya situs makam yang konon merupakan makam prajurit Majapahit dan Pajajaran.(wiz)

Komentar