Rembug Tani tingkat Kecamatan Gumelar

Dilihat : 7772 Kali, Updated: Kamis, 27 Juni 2019
Rembug Tani tingkat Kecamatan Gumelar

Gumelar - Bertempat di Ruang Rapat Kecamatan Gumelar, Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas menggelar acara Rembug Tani BPP Kecamatan Gumelar, Kamis 27/06.

Hadir dalam acara tersebut Forkompincam Gumelar, sementara peserta adalah para ketua Gapoktan dalam wilayah Kecamatan Gumelar didampingi oleh satu orang perwakilan dari perangkat desa. Kegiatan yang dimulai pukul 08.30 WIB ini juga menghadirkan Koordinator Penyuluh Pertanian Kabupaten Banyumas, Eko Suwito. 

Menurut Mohammad Budi Kurniawan, selaku Petugas Penyuluh Lapangan Kecamatan Gumelar, selain rembug dengan Gapoktan, acara juga sekaligus Pengukuhan KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) tingkat Kecamatan.

" Maksud dari KTNA adalah sebagai forum komunikasi antar petani di tingkat kecamatan. Sehingga jika ada suatu masalah dapat didiskusikan dengan cepat dan dicarikan jalan keluar. Sementara jika ada informasi juga akan cepat sampai ke tingkat petani," ungkapnya.

 

Dilansir dari laman Wikipedia Kontak Tani Nelayan Andalan atau disingkat KTNA (NOFA, National Outstanding Farmers and Fishermen Association dalam bahasa Inggris) adalah suatu organisasi independen di Indonesia yang berorientasi pada aktivitas sosial di sektor agrikultur, yang berbasiskan agribisnis dan lingkungan hidup di pedesaan.

KTNA terdiri dari komunitas petani dan nelayan yang terpilih untuk mewakili daerah yang memiliki kualifikasi dalam kemampuan di bidangnya masing-masing dan mempunyai karakter pionir dan patriotis dalam pembangunan ekonomi nasional, khususnya di bidang agribisnis.

Organisasi KTNA ada pada level daerah, kabupaten, provinsi dan nasional. Saat ini Ketua Umum KTNA Nasional adalah Winarno Tohir.(WizteguhNugroos)

 

Komentar