Ketua TP-PKK Kabupaten Banyumas Resmikan Usaha Laundry Binaan TP-PKK Kecamatan Gumelar

Dilihat : 658 Kali, Updated: Jumat, 26 Maret 2021
Ketua TP-PKK Kabupaten Banyumas Resmikan Usaha Laundry Binaan TP-PKK Kecamatan Gumelar

Gumelar - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Banyumas, Erna Sulistyowati Achmad Husein, meresmikan sekaligus membuka unit usaha jasa laundry “Umah Laundry Darul Hikmah” di Pondok Pesantren Darul Hikmah Desa Gumelar, Rabu 24/03.

Kegiatan yang dilaksanakan usai salat zuhur ini diawali acara ramah tamah di Masjid Ponpes Darul Hikmah. Dibuka dengan doa oleh pengasuh pondok pesantren, Ustaz Yawan, dilanjutkan sambutan selamat datang dan profil singkat pondok oleh Ketua Yayasan Pondok Pesantren Darul Hikmah, Guno Purtopo.

“Darul Hikmah ini merupakan pondok yang pertama kali berdiri di Desa Gumelar sejak adanya Desa Gumelar, dan sudah berjalan tiga tahun. Dengan jumlah santri sebanyak 60 santri, dan untuk melatih kemandirian para santri, kami ada unit usaha produksi makanan ringan kripik sriping pisang dengan merk Deha atau singkatan dari 'dengan hati',’’ kata Guno.

Lebih lanjut, Guno juga mengharapkan peran PKK kabupaten maupun kecamatan dalam mendukung usaha kreatif yang sedang dijalankan oleh pondok.

“Nanti kami minta ibu ketua PKK kabupaten maupun kecamatan untuk men-support kegiatan ini. Selain itu juga ini yang baru yaitu jasa laundry yang merupakan program binaan PKK kecamatan yang bekerja sama dengan pihak ketiga, terima kasih kepada ketua PKK Kecamatan Gumelar,” tambahnya.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh ketua yayasan, Erna Sulistyowati Achmad Husein mengapresiasi berdirinya pondok pesantren serta usaha ekonomi kreatif yang sudah dijalankan

“ Alhamdulillah dan bagus sekali ini ada usaha ekonomi kreatif yang dilakukan di Pondok Pesantren Darul Hikmah ini, ada produksi sriping juga ada laundry, namun demikian ini jangan sampai mengganggu proses belajar dari para santri yah,” terang Erna.

Terkait dukungan dari PKK Kabupaten Banyumas, Erna mengungkapkan bahwa akan mendukung dengan menggandeng berbagai dinas terkait mengenai peningkatan kapasitas dan pemasaran.

“ Di kabupaten ada Dinnakerkop UKM, Dinperindag ada juga Mal Pelayanan Publik menyangkut perizinan, nanti kalau dari pondok butuh bantuan mengenai pelatihan, peningkatan kapasitas atau perizinan maupun PIRT silakan berkirim surat saja, nanti kami bantu dan fasilitasi,” jelasnya

Usai acara ramah tamah di Masjid Darul Hikmah, dilanjutkan dengan persemian Umah Laundry. Peresmian dilakukan dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Banyumas didampingi Ketua TP-PKK Kecamatan Gumelar dan Ketua Yayasan Pondok Pesantren Darul Hikmah. Setelah itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Banyumas juga sempat mencoba menyetrika baju di lokasi laundry. 

Dari lokasi laundry, Ketua TP-PKK Kabupaten Banyumas beserta rombongan juga meninjau tempat produksi sriping, melihat-lihat asrama putra dan putri dipandu oleh pengasuh pondok pesantren Darul Hikmah.

Sebelum meresmikan Umah Laundry Darul Hikmah, di hari yang sama, Ketua TP-PKK Kabupaten Banyumas melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke TP-PKK Kecamatan Gumelar. Acara yang dilaksanakan di Aula Singarana Kecamatan Gumelar tersebut membahas terkait progres pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di Kecamatan Gumelar. (wizteguh Nugroos)

Komentar