Mau Jajanan Tradisional? Ke Sini Saja

Dilihat : 5023 Kali, Updated: Senin, 10 Januari 2022
Mau Jajanan Tradisional? Ke Sini Saja

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Samudra lakukan Uji Buka Pasar Wisata Derik Kidem di komplek wisata Hutan Adat Tambak Sela Desa Samudra Kecamatan Gumelar, Minggu 9/1.

Acara yang digelar mulai pagi hari ini dihadiri oleh perwakilan Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, diramaikan dengan kesenian Kuda Lumping Sekar Sari Sido Muncul Desa Samudra.

Menurut Widodo Hermanto, selaku ketua Pokdarwis, Pasar Wisata Derik Kidem ini bermula dari pelatihan sumber daya manusia wisata tahun 2021 yang diikuti lebh dari 40 pedagang dan pelaku UKM se-Desa Samudra.

“Setelah kegiatan tersebut, Pokdarwis dan peserta pelatihan melakukan study tiru ke pasar wisata Antap Desa Cikakak. Selanjutnya akan ditindak lanjuti dengan membuat sarana dan prasarana gubuk dan lain sebagainya untuk jualan dengan sistem gotong- royong atau swadaya,” ungkapnya.

Pada praktiknya, dari seluruh peserta pelatihan, hanya tinggal 10 orang yang mau meneruskan niat untuk membuat Pasar Wisata Derik Kidem tersebut.

 

“Pokdarwis sudah bolak-balik mengundang ke-40 orang tersebut untuk bergotong-royong membuat pasar wisata , namun banyak yang belum mau. Sehingga sampai pada hari pelaksanaan hanya 10 orang yang mau berjibaku begotong –royong menyiapkan material, tenaga, pikiran dan lain sebagainya untuk membuat pasar wisata,” terang Widodo.

Lebih lanjut, Widodo mengungkapkan tujuan dari dibuatnya Pasar Wisata Derik Kidem adalah untuk meningkatkan ekonomi desa dan berimbas ke depannya ikut menopang Pendapatan Asli Desa (PAD) Desa Samudra.

 

“Tentunya dengan adanya PAD maka akan kembali juga ke masyarakat Desa Samudra itu sendiri,” tegasnya.

Selain itu, Ia juga berharap dengan adanya pasar wisata, bisa mengobati rasa kangen masyarakat di Wilayah Kecamatan Gumelar terhadap makanan-makanan tradisional dengan kearifan lokalnya yang sudah jarang ditemui saat ini.

 

 

Widodo menambahkan, Pasar Wisata Derik Kidem akan buka setiap hari Minggu dari  pagi sampai selesai dengan menyajikan makanan dan jajanan tradisional. Selain itu, setiap hari pasaran tersebut, akan ditampilkan pertunjukan kesenian tradisional yang ada di Desa Samudra.

“Nantinya kalau semua sarana dan prasarana sudah betul-betul siap, kami akan lakukan Grand Opening dengan mengundang seluruh steakholder yang ada di Kecamatan Gumelar. Forkompincam, para kepala desa, Aspikmas, pegiat pariwisata dan tentunya dari Dinporabudpar Kabupaten Banyumas,” tutupnya. (wizteguh nugroos)

Komentar