BPBD Kabupaten Banyumas Gelar Sosialisasi Implementasi Kencana

Dilihat : 127 Kali, Updated: Kamis, 17 Oktober 2024
BPBD Kabupaten Banyumas Gelar Sosialisasi Implementasi Kencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupetan Banyumas menggelar kegiatan Sosialisasi Penanggulangan Bencana dalam Kerangka Implementasi Kecamatan Tangguh Bencana (Kencana) di Kecamatan Gumelar.

Acara yang dilaksanakan di Aula Singarana, Rabu (16/10/2024) ini menghadirkan 4 narasumber yaitu Camat Gumelar, Kapolsek, Danramil serta Ketua Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) Kecamatan Gumelar.

Camat Gumelar Diah Rapitasari, membuka acara sekaligus menyampaikan materi terkait Implementasi Kecamatan Tangguh Bencana.

BCG menjelaskan, bahwa Kencana merupakan konsep dari Kemendagri untuk memperkuat pemerintah daerah di level kecamatan guna membantu pencapaian standar pelayanan minimal (SPM) sub-urusan bencana.

"Kencana didesain guna penguatan upaya-upaya penanggulangan bencana yang bersentuhan langsung dengan masyarakat melalui optimalisasi peran pemerintah di tingkat kecamatan," ujarnya.

 

Menurutnya, dengan adanya program ini bisa mempercepat waktu respon pemerintah daerah jika terjadi bencana di wilayah Gumelar sebagai salah satu kecamatan rawan bencana.

Sementara itu Widodo Hermanto (Ketua Kokam Gumelar) menguraikan peran Kokam dalam penanggulangan bencana.

Dari mulai penanganan kebakaran hutan, bencana tanah longsor, kekeringan hingga menghimpun dan menyalurkan logistik saat terjadi bencana.

"Kita juga mengikuti peningkatan kapasitas SDM terkait kebencanaan dan manajemen posko," jelas Widodo.

Perihal adanya program Kencana, Widodo mengaku siap untuk berkolaborasi dan berperan aktif dalam kegiatan.

Sebagai informasi, 27 kecamatan yang ada di Kabupaten Banyumas mendeklarasikan Gerakan Kecamatan Tangguh Bencana di Pendopo Si Panji, Senin (26/02/2024).

Acara deklarasi dilakukan BPBD Banyumas bersama Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan, Kemendagri sebagai upaya meningkatkan peran kecamatan dalam penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Banyumas. (Wizteguh Nugroos)

#bpbdbanyumas
#kebencanaan
#kemendagri
#gumelarhits
#kabargumelar

Komentar