Ramadan Segera Pergi, Pak Penghulu Pamit

Dilihat : 898 Kali, Updated: Jumat, 14 April 2023
Ramadan Segera Pergi, Pak Penghulu Pamit

Kajian Ramadan Forkompincam Gumelar kembali digelar di Masjid Miftakhul Huda, Jumat 14/4.
.
Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al quran yang dilantunkan oleh Ustaz Narsim Fauzi lalu uraian hikmah oleh Kepala KUA Gumelar, Daud.
.
Sementara itu BCG menyampaikan sambutan yang berisi beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat di wilayah kerja Kecamatan Gumelar.


"Ini terkait pendataan anak tidak sekolah, jadi nanti pemerintah desa mendata anak tidak sekolah kemudian disetorkan ke Korwil. Nanti edaran atau imbauan dari pak bupati akan kami kirim ke desa," katanya menjelaskan perihal imbauan Bupati Banyumas.
.
Selanjutnya ia juga menyampaikan tentang kegiatan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang akan dilaksanakan tak lama lagi.
.
"Kemudian dalam waktu dekat akan dilaksanakan Registrasi Sosial Ekonomi terkait dengan pendataan atau satu data yang akan digunakan secara menyeluruh di pemerintah Republik Indonesia," jelasnya.
.
Katanya, pendataan tersebut akan digunakan sebagai basis data penanganan kemiskinan ekstrim dan stunting yang masih jadi prioritas pembangunan nasional.

Selanjutnya, Kepala KUA Gumelar, Daud, menyampaikan uraian hikmah pengajian dengan tema mempertahankan spirit puasa Ramadan.

"Bulan Ramadan akan segera berakhir, nantinya banyak dari kita yang akan lupa dengan amalan-amalannya," ucap Daud mengawali ceramah.

Ia mengungkapkan bahwa tak banyak yang bisa mempertahankan spirit puasa Ramadan.

"Saat Ramadan kita melaksanakan salat malam. Habis Isya kita salat Tarawih, nah nanti setelah Ramadan jelas kita tidak akan salat Tarawih lagi. Gantinya ya salat Tahajud, bukan berarti setelah Ramadan tidak ada salat malam lagi," jelasnya.

Selain menguraikan bagaimana mempertahankan spirit puasa Ramadan, Daud juga menyampaikan perihal dirinya yang akan pindah tugas dari Kecamatan Gumelar.

"Sekalian bapak ibu hari ini saya pamit. Nanti jam 1 siang saya ada pelantikan pindah tugas yang saya juga ngga tau ke mana," ucapnya.

Namun demikian, ia melanjutkan, akan tetap mengikuti kegiatan Tarawih Keliling terakhir yang akan dilaksanakan malam Minggu lusa atau Sabtu 15 April, di Desa Tlaga.

"Selain itu nanti acara halal bihalal Idulfitri di Kecamatan Gumelar saya akan ikut hadir," katanya.

Ia lalu menyampaikan permohonan maaf jika dalam bertugas selama ini banyak kesalahan yang dilakukan.

"Apa yang baik dari saya silakan dilanjutkan, tapi apa yang buruk dari saya buang jauh-jauh," tutupnya. (Wizteguh)

Komentar