Seratus Pohon Ditanam untuk Penghijauan

Dilihat : 2858 Kali, Updated: Minggu, 16 Januari 2022
Seratus Pohon Ditanam untuk Penghijauan

Pengelola pasar tradisional Derik Kidem Desa Samudra menggelar acara penanaman 100 bibit pohon Salam untuk kelestarian lingkungan hidup, Minggu 16/1.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Gumelar Arif Triyanto, S.Sos, Kepala Desa Samudra Kristiono, Babinsa, relawan dan kader lingkungan hidup Kabupatan Banyumas, Kusno.

 

Dalam sambutannya, camat Gumelar mengatakan terkait kondisi tanah yang ada di wilayah Kecamatan Gumelar yang rawan longsor.

"Kebanyakan tanah di wilayah Kecamatan Gumelar itu tidak tebal, hanya sekitar 3 meter setelah itu 'wadas'," katanya.

Bibit pohon yang disediakan oleh panitia bukan hanya ditanam di sekitar lokasi Derik Kidem, warga yang hadir diperkenankan membawa pulang bibit untuk ditanam di pekarangan rumah masing-masing.

"Selain bibit pohon Salam, ada juga bibit pohon Wuni sebanyak 25 pohon, 25 pohon Beringin, 50 Pucung, 10 Menteng, 1 Gowok, 10 pohon Merah, dan 4 batang bibit Pohon Cendana Bali. Jumlah total ada 234 bibit pohon yang kami tanam," kata Widodo Hermanto Ketua Pokdarwis Desa Samudra.

Sebelumnya di tempat yang sama, juga digelar acara senam Zumba yang diikuti oleh ibu-ibu warga Desa Samudra.

 

Pasar Wisata Derik Kidem merupakan pasar tradisional yang digagas oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Samudra. Pasar ini menyediakan makanan dan minuman tradisional yang buka setiap hari Minggu di area wisata Hutan Adat Tambak Sela, Desa Samudra. (Wizteguh Nugroos).

#samudra #gumelarhits #pasartradisional #pasarwisata #kabargumelar #kabargumelardotcom #desawisata #wisatadesa #jajanan #makanan #kulinertradisionalindonesia

Komentar