Aspikmas Gumelar Dikukuhkan, Pujianto : Semangat Teman-Teman Aspikmas Gumelar Tinggi

Dilihat : 2841 Kali, Updated: Senin, 29 November 2021
Aspikmas Gumelar Dikukuhkan, Pujianto : Semangat Teman-Teman Aspikmas Gumelar Tinggi

Ketua Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Banyumas (Aspikmas), Pujianto, mengukuhkan struktur pengurus Aspikmas Kecamatan Gumelar, Minggu 28/11.

Kegiatan yang digelar di Aula Singarana Kecamatan Gumelar tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyumas, Joko Wiyono bersama Kabid UMKM, Forkompincam Gumelar, Ketua TPPKK Kecamatan Gumelar, para kepala desa beserta Ketua TPPKK Desa dalam wilayah Kecamatan Gumelar.

Dalam sambutannya, Kepala Dinnakerkop dan UKM Banyumas, Joko Wiyono mengatakan perlunya sinergitas antara Aspikmas dan pemerintah baik pemerintah desa, kecamatan maupun pemerintah kabupaten.

"Bangun komunikasi yang baik dengan pihak kecamatan, dengan Pemdes agar semua program berjalan baik," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan akan ada program-program yang diperuntukkan guna mendukung tumbuh kembangnya UMKM di wilayah Kabupaten Banyumas.

"Nantinya akan ada program sertifikasi lahan bagi pelaku UMKM," katanya. 

Sementara itu, Ketua Umum Aspikmas, Pujianto, mengungkapkan bahwa dalam penggalian dana Aspikmas diusahakan secara mandiri. Menurutnya, karena masih baru, maka saat ini Aspikmas belum dipercaya untuk mengelola anggaran dari pemerintah. 

"Untuk pendanaan organisasi semaksimal mungkin mandiri, kalau ada bantuan dari pemerintah itu bonus," terangnya. "Saat ini masih ngikut pada kegiatan kecamatan atau pun desa, tentunya yang sesuai aturan," lanjutnya. 

Pujianto juga mengapresiasi semangat Aspikmas Gumelar dalam berkomunikasi dengan Aspikmas Kabupaten.

"Saya sudah empat kali ke Gumelar untuk bertemu dengan rekan-rekan Aspikmas, artinya ini teman-teman Aspikmas Gumelar punya semangat tinggi untuk berdiskusi dan bertukar pikiran," katanya.

Sebanyak 25 orang dikukuhkan sebagai pengurus Aspikmas Kecamatan Gumelar periode 2020-2023 yang terdiri dari, 1 orang ketua umum, 1 wakil ketua, 2 orang sekretaris, 2 orang bendahara, 9 orang penangung jawab dari 3 divisi yang meiputi Divisi Peningkatan Kapasitas Usaha dan SDM, Divisi Perencanaan, Fasilitasi Usaha dan Pembiayaan, Divisi Promosi dan Pemasaran, serta 10 orang koordinator masing-masing desa. 

Dalam susunan kepengurusan tersebut, camat dan Ketua TPPKK Kecamatan Gumelar menjabat sebagai pembina. Sementara Koordinator Kecamatan (Korcam) adalah Winoto, pemilik brand Cikal Tas dari Desa Tlaga.

Selesai acara pengukuhan, dilanjutkan Pelatihan Digital Marketing dengan narasumber M. Irfan Bachtiar yang merupakan founder Info Purwokerto dan Restart Agency.(wiz)

 
 

Komentar