Masyarakat Peduli Api Kecamatan Gumelar Diam-Diam Raih Penghargaan tingkat Provinsi

Dilihat : 1392 Kali, Updated: Jumat, 03 September 2021
Masyarakat Peduli Api Kecamatan Gumelar Diam-Diam Raih Penghargaan tingkat Provinsi

Gumelar- Mungkin belum banyak yang tahu apa itu Masyarakat Peduli Api atau biasa disebut MPA Bala Sirep Geni (BSG) Kecamatan Gumelar. Menurut Kasro Teguh Sanjaya ketua MPA Bala Sirep Geni, MPA BSG  merupakan organisasi kemasyarakatan di bawah naungan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI binaan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah. Anggota MPA Bala Sirep Geni sendiri merupakan gabungan dari berbagai elemen masyarakat dalam wilayah Kecamatan Gumelar.

 

 

Dijelaskan oleh Kasro Teguh Sanjaya, MPA BSG dibentuk di Desa Kedungurang pada 2 Maret 2020 untuk membantu penanganan kejadian kebakaran hutan di wilayah Kecamatan Gumelar. Sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.32 Tahun 2016 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan dan Peraturan Direktorat Jenderal PPI No.3 Tahun 2018 tentang pembentukan dan pembinaan MPA. Pembentukan MPA diperioritaskan pada daerah yang rawan terjadi Karhutla.

“Pada praktiknya kami para relawan bukan hanya membantu penanganan kebakaran hutan saja, tapi juga kami membantu penanganan bencana lain yang terjadi di wilayah Kecamatan Gumelar,” ungkap Karso.

Demi mengoptimalkan kinerja MPA Bala Sirep Geni, Karso akan mengusullkan kepada pihak terkait untuk membentuk posko penanggulangan bencana di  wilayah Kecamatan Gumelar.

“Lokasinya mungkin di depan SMP Negeri 1 Gumelar (rumah dinas KRPH Samudra-red),” katanya.

Ia berharap jika nanti sudah ada posko di wilayah Kecamatan Gumelar, masyarakat akan lebih mengenal MPA Bala Sirep Geni.

“Warga melihat posko kan jadi mereka tahu,” lanjutnya.

Setahun berdiri, pada bulan Juli 2021, MPA Bala Sirep Geni mendapat penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, sebagai juara 2 lomba Wana Lestari kategori Kelompok Masyarakat Mitra Polhut (MPP) dan Masyarakat Pedui Api (MPA).

"Dengan penghargaan ini kami semakin terpacu untuk melakukan yang terbaik bagi Kecamatan Gumelar. Mudah-mudahan ke depan bisa jadi nomor satu," harapnya.

Saat ini sekretariat MPA Bala Sirep Geni berada di Desa Kedungurang Kecamatan Gumelar.

"Tepatnya di rumah pak Waskun Kadus Kedungurang selaku wakil ketua," pungkasnya. (Wizteguh Nugroos)

Komentar